Minggu, 22 Desember 2013

Membuat Contact Form

Membuat Contact Form, Hubgungi saya atau Contact Us, menambahkan sebuah halaman contact form atau hubungi admin blog memang perlu juga untuk diberi apalagi jika blog memiliki layanan khusus semisal sebuah jasa dan lain-lain. Halaman contact akan memudahkan pengunjung mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan secara pribadi langsung ke alamat email Admin blog.

Sebagai alternatif contact form ini sebenarnya bisa juga dengan Shout Box, atau komentar akan tetapi menghubungi secara pribadi melalui email biasanya lebih suka dilakukan pengunjung karena mungkin bisa lebih diperhatikan dari admin itu sendiri ketimbang melalui Shoutbox, untuk itu kali ini sebuah tutorial membuat Halaman Contact Us / Hubungi Kami menggunakan layanan gratis dari emailmeform.com dengan fitur gratisnya :



1. Pertama silahkan masuk ke : https://www.emailmeform.com/v-signup.html

2. Maka akan muncul form seperti dibawah ini :





- Isikan Username, password dan juga email Jika sudah diisi semua klik "Create Account" akan muncul seperti dibawah ini :

Signup Confirmation

Thank you for signing up!





To prevent automated registrations, a message was sent to the email address that you provided. Please check your inbox and click on the verification link to activate your account.
3. Silahkan buka email yang dikirim untuk dikonfirmasi klik saja link yang diperintahkan

4. Kalau sudah silahkan Login ke Emailmeform

5. Klik Myform >> Add Form >> dan pilih yang no 1 1. Go to the Template section. Id like to choose from a list of pre-made forms.



6. Pilih yang Contact Form





7. Klik Customize


8. Sementara langsung saja Klik "Save Form" (masih bisa di edit lain waktu)

9. Sekarang klik "My form" lihat menu atas. dan Klik "Code"

10. Klik HTML with Javascript/CSS dan copy seluruh kode.





Langkah selanjutnya yaitu meletakkan kode Kontak Emailmeform ke postingan blog, caranya :

Buatlah satu posting / halaman dengan judul Hubungi Saya atau Contact Us.

Kalau sudah letakka kode yang tadi kamu copy dari emailmeform kedalam postingan tersebut, dan terbitkan posting.



Sekarang Contact form sudah jadi, silahkan dicoba maka jika ada pengunjung yang menggunakan Contact form tersebut pesan akan masuk / diforward ke email yang kamu untuk mendaftar Emailmeform, tetapi pesan juga bisa dilihat pada account kamu di Emailmeform.com.

Mungkin tampilan diatas yaitu tampilan standart Contact Form tetapi kamu bisa memodifikasinya atau membuat tampilan dengan yang lebih menarik dan bervariasi karena sudah disediakan banyak template atau model Contact Form yang bagus, silahkan mencobanya sendiri, kamu dapat membuaat maksimal 5 form untuk member gratis dan 200 form untuk member premium.

selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar