Rabu, 06 November 2013

Seperti Apakah Rupa Kesuksesan Itu

Jika Anda harus menyebutkan 5 hal untuk menggambarkan apa yang Anda ketahui tentang kesuksesan, akan seperti apakah sukses itu? 

Jika Anda harus menilai masing-masing pada skala 1 sampai 10, dengan 10 adalah yang paling penting, bagaimana urutan hal tersebut dibandingkan dengan nilai-nilai hidup Anda?

Ini adalah pertanyaan yang disampaikan dalam sebuah survei kecil di sebuah lembaga kursus. Hasilnya mengejutkan. Cukup banyak responden berpikir bahwa uang akan memungkinkan mereka memiliki kemampuan untuk menggambarkan kesuksesan mereka. Itu berarti bisa mengendarai mobil impian, meng-upgrade rumah mereka, sekolah swasta untuk pendidikan anak-anak mereka atau menikmati liburan. 


Level tertinggi berikutnya ketika berpikir tentang sukses didapat ketika responden bebas dari utang sehingga mereka mampu hidup dengan lebih tenang tanpa stress. 


Responder yang paling sedikit mendefinisikan sukses ketika bisa terus untuk memegang teguh nilai-nilai yang dianut. Jika Anda rendah hati sebelumnya, maka hal tersebut tidak akan berubah. Jika Anda memiliki nilai kekeluargaan tinggi, maka Anda akan selalu menyediakan waktu untuk keluarga. Jika Anda memegang teguh sikap hemat, maka Anda tidak akan menjadi boros.

Termasuk kelompok manakah Anda? 


Tidak ada yang salah dan yang benar tentang definisi sukses. Karena definisi ini relatif, bersifat pribadi dan subjektif yang dipengaruhi oleh lingkungan hidup masing-masing pribadi. Keharusan untuk sukses dengan definisi sukses yang ditentukan oleh orang lain akan membuat Anda tidak menikmati proses pencapaian kesuksesan. 


Tapi ingatlah, “bercita-cita setinggi langit kalau tidak kesampaian jatuh di awan”. Kitalah yang menentukan setinggi apakan langit yang ingin kita capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar